Kesalahan Manajemen Itu Apa ?

Apa itu Managemen











Dulu sebelum berdagang saya jadi driver ojek online, sering mangkal / nongkrong di restoran yang ramai pengunjung, setelah beberapa bulan restoran tersebut tutup atau bangkrut. kita driver ojol yang sering berada, mangkal, nongkrong di restoran tersebut bertanya tanya kenapa restoran seramai ini bisa tutup (bangkrut), jawaban pegawai nya salah managemen. 

Jadi sebenarnya apa itu kesalahan managemen ?



Tak sedikit orang yang mengatakan salah Manajemen restorannya sehingga bangkrut, nah Manajemen itu Apa, sih? Kenapa Saya Perlu Tahu? Sering orang mengatakan salah manajemennya.

Manajemen adalah seluruh proses dan kegiatan, seluruh sistem, yang menggerakkan organisasi. Organisasi itu bisa berupa organisasi penghasil laba alias perusahaan, juga bisa berupa organisasi nirlaba, seperti kantor pemerintah, ormas, dan LSM. 

Di mana pun Anda berada dalam sebuah organisasi, apapun posisi dan pekerjaan Anda, Anda adalah bagian dari suatu sistem manajemen. Anda harus tahu bagaimana sistem itu bekerja. Anda harus tahu, bagian yang Anda kerjakan itu sudah sesuai dengan prinsip manajemen atau belum.

Untuk tahu soal itu Anda harus tahu soal apa itu manajemen. Tanpa tahu manajemen, Anda seperti berada dalam sebuah kamar tanpa tahu bentuk utuh bangunan, sehingga tak tahu diri Anda sedang berada di kamar mana. 

Tidak cuma itu. Manajemen juga merupakan kumpulan keterampilan. Bagaimana membuat bawahan Anda bekerja, menangani ketika mereka bermasalah, adalah keterampilan manajemen. Bagaimana menyusun laporan dan mempresentasikannya, juga keterampilan manajemen. Bagaimana berkomunikasi, membuat keputusan, menjalankan keputusan, semua merupakan keterampilan manajemen.

Kita ambil contoh kesalahan Manajemen restoran Geprek yang sempat viral menggunakan nama artis di Cirendeu Tahun 2018 lalu, sangat ramai sampai sampai stok makanan selalu habis, driver ojol ojek online selalu antri tapi bangkrut alias tutup, banyak yg mengatakan salah manajemennya. Ya itu jelas seperti yg di  bilang diatas, laporan komunikasi keputusan ketrampilan tidak berjalan dengan baik. 

Kesalahan menjalankan aturan/ keputusan Banyak pegawai yg bekerja tidak mengikuti manajemen. Contok Dari tata tertib makanan yang harusnya dijalankan. Semua pegawai dilarang membawa pulang makanan atau lauk pauk ke rumah dan juga membagi, memberikan potongan harga (diskon), secara gratis atau secara khusus kepada siapapun, ini yang terjadi maka dampaknya perlahan namun pasti akan sangat buruk terhadap bisnis kuliner dan semua yang ada dalam lingkaran usaha tersebut.

Seperti Usaha parkiran yang ramai diresto bisa sedikit menambah penghasilan buat mereka yang bergantian jaga parkir, usaha yang ramai  bisa membantu para driver untuk lebih gampang mendapatkan order, juga yang terutama bagi pegawai pegawai yang bekerja didalam usaha kuliner atau restoran tersebut.

Pendek kata, setiap hal yang Anda kerjakan, setiap tindakan, bahkan setiap perkataan Anda dalam sebuah organisasi adalah komponen atau bagian dari sistem manajemen tersebut.

Sistem atau aturan yang harus dan sangat wajib dijalankan dalam  bisnis atau suatu organisasi. roda yang harus selalu berputar dan apabila ada hambatan harus selalu diperbaiki secepatnya.


Baca juga artikel saya kehidupan driver ojek online








Post a Comment

0 Comments